Asyiknya Ngabuburit di Pasar Asyiiik Purwokerto

Rabu Pagi, Admin Banyumasku ditelpon seseorang dari Pihak Penyelenggara “Pasar Asyik” sebuah Pasar Mini Kolaborasi antara Sampoerna Kretek dan sahabat-sahabat komunitas lokal di Banyumas seperti Komunitas Kerajinan, Budaya, Kuliner dan lainnya.

Kami diminta kehadirannya dalam acara tersebut, mengingat menurut mereka Kami adalah salah satu Media dari Banyumas yang cukup unik.

Kami-pun menginformasikan untuk kehadiran dalam acara tersebut, ini adalah kali kedua Banyumasku diundang dalam acara Resmi, yang pertama dulu diundang salah satu Radio Lokal, namun para Admin tidak ada yang datang, dikarenakan kesibukan masing-masing di dunia lain (sok sibuk).

Sabtu 11 Juli 2015 sekitar jam 17.05 bertiga berangkat menghadiri acara tersebut, pertama-tama jelas membayar retribusi masuk Taman Rekreasi Andang Pangrenan, tempat dimana acara Pasar Asyiiik ini diadakan, cukup 2500 rupiah saja bagi yang sudah dianggap dewasa.

Sampai didalam ternyata kedatangan Kami pas saat acara pembukaan, dimana dalam acara Pembukaan tersebut dimulai dengan acara penyambutan dari Kesenian Kentongan Banyumasan .

Pasar Asyiiik Purwokerto

Disambut Mas Thio perwakilan dari Maverick, Kami diminta Registrasi daftar Hadir terlebih dahulu, memperkenalkan sedikit informasi tentang Banyumasku.

Setelah mengisi formulir Registrasi Tamu, kami sempatkan melihat sekeliling. Ada beberapa Stand berjejer disini, penasaran?
Lihat saja

Batik Banyumas
Stand Batik Banyumasan
Motif Batik Banyumas
Batik Banyumas
Pengrajin Putihan Pasir Kidul
Stand Pengrajin Putihan Pasir Kidul
Kerajinan Bandol Banaran
Karya Seni dari Banaran
Komunitas Kerajinan Keramik Klampok
Stand Komunitas Kerajinan Keramik Klampok
Kerajinan Keramik Dari Klampok
Kerajinan Keramik Dari Klampok
Kerajinan Keramik Klampok
Kerajinan Keramik Klampok

Lanjut setelahnya terdengar alunan suci yang sangat dirindukan suaranya bagi yang menjalani ibadah Puasa, “Adzan Maghrib”, waktunya acara di rehat sebentar, menghormati waktu maghrib juga untuk waktu berbuka puasa.

Dawet Banjarnegara
Berbukalah dengan yang manis (Dawet Ayu Banjarnegara)

Setelah acara rehat selesai, Para Tamu undangan disuruh berkumpul di dalam Kubah Putih (Tenda Stand) disini diadakan rapat sebentar untuk menyambut para tamu undangan. isi dari bahasan rapat ini sendiri adalah :

  • Dari komunitas pecinta seni banyumas “Kang Yusmanto” meminta bantuan agar budaya-budaya di Banyumas yang kian hari semakin langka bisa terangkat dan terekspose. Bahwa Banyumas itu kaya akan budaya, jika kita tidak “open” dengan budaya sendiri, beliau takut kebudayaan Banyumas akan bisa dihak milik oleh negara/kabupaten/provinsi lain,
  • Dari pihak Promotor bertujuan agar masyarakat bisa mengenal kebudayaan Banyumas, dan memiliki tujuan budaya-budaya tersebut bisa terus lestari. maka dari itu mereka mengadakan acara Pasar Asyiiik ini,

Menjelang malam hari, Acara hiburan Lengger Banyumasan ditampilkan kepada pengunjung Taman rekreasi Andang Pangrenan, dari tiga perwakilan Banyumasku.com, hanya tinggal satu saja yang masih mengikuti jalannya acara ini sampai selesai.

Lengger Banyumasan
Lengger Banyumasan

Lengger Banyumas

Ucapan Terima Kasih kepada seluruh Individu yang secara langsung mengundang kedatangan Kami, Terima kasih atas sambutan ramah tamahnya.

Salam Banyumasku

Nb: Foto tanpa WaterMark sudah mendapatkan izin Hak Penggunaan Lisensi

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *