Bakso Bogem Kroya

Bakso Bogem
Penampakan Bakso Bogem

Banyumasku kali ini akan membahas tentang kuliner, kuliner seperti apa? Yuk, simak artikelnya!

Bakso, memang bukan makanan khas Banyumas tetapi kali ini Banyumasku akan membahasnya. Merupakan salah satu kuliner yang ada didaerah karesidenan Banyumas yaitu di Kabupaten Cilacap, tepatnya di Kecamatan Kroya. Bakso ini bukan sembarang bakso, tetapi “Bakso Bogem”. Dari namanya saja sudah terbayang “Bogem” yang berarti besar, seperti kepalan tangan orang dewasa yang sedang mengepal, biasanya orang sering menyebut kepalan tangan tersebut dengan istilah “bogem mentah” (biasanya digunakan untuk memukul / mengancam orang lain).

Karena ukurannya yang sebesar kepalan tangan orang dewasa itulah bakso ini dinamai Bakso Bogem. Memang sih bakso ini sudah banyak terujual di mana-mana, Purwokerto, Purbalingga, bahkan sudah ada sampai luar Provinsi Jawa Tengah. Tetapi berbeda sekali dengan bakso bogem dari Kroya ini. Disini bakso bogem sudah dianggap sebagai bakso khasnya Kroya. Pada awalnya, para penjual bakso di Kroya terus mengembangkan resep serta rasa agar memiliki ciri khas. Hingga sekarang, bakso bogem kroya tetap mempertahankan rasanya yang khas sekali.

Dari tekstur, isi, ukuran serta rasa benar-benar diolah menjadi kuliner yang sedemikian rupa sehingga memiliki nilai khas untuk daerah Kroya. Dan yang perlu digaris bawahi, bakso bogem di Kroya ini tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, ya walaupun masih ada beberapa penjual yang menggunakannya, tetapi penjual asli dari Kroya tidak menggunakannya. Jadi sangat berbeda dengan bakso bogem atau bakso super didaerah-daerah lain.

Penyajiannya hampir sama dengan bakso seperti biasanya, dengan kuah, mie, saouce, kecap dan sambal. Bahkan beberapa penjual sudah mulai berkreasi dengan menu Bakso Bakar. Yaps, Bakso Bogem tersebut dihidangkan dengan dibakar dahulu dan diberi bumbu sambal kecap racikan penjualnya, hhhmmm…. benar-benar mantap rasanya, tidak kalah dengan bakso bakar yang ada direstoran pinggir jalan pada umumnya. Anda Penasaran bukan, seperti apa rasanya?

Pasar Kroya
Komplek Pasar Kroya (image by: pasangmata.com)

Di Kroya, makanan ini sering dijumpai dipinggiran jalan sepanjang komplek pasar Kroya. Ya, jika memang Anda ingin mencicipi keaslian kuliner ini, disitulah tempatnya. Anda juga tidak akan kesulitan mencari kuliner ini di Kroya, karena hampir semua pedagang bakso disana menjual bakso bogem ini. Sudah seperti makanan khas bukan? Eiitttss…. tetapi saya tekankan sekali lagi kalau bakso bogem bukan makanan khas melainkan rasanya yang khas, disini Banyumasku hanya mengekspose dan memperkenalkan kuliner ini kepada Anda. Karena pada Kategori kuliner, Banyumasku tidak hanya mengekspose makanan khas saja, melainkan semua makanan atau kuliner yang ada di Banyumas, termasuk bakso bogem ini.

Jika Anda menemui sanak saudara di daerah Kroya, Cilacap, atau Banyumas, tidak ada salahnya mampir ke pasar Kroya dan mencicipi bakso bogem Kroya ini. Harga terjangkau, hanya Rp. 15.000 perporsinya (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Dijamin tidak akan menyesal, tetapi tergantung selera juga sih… hehehe….

Oke sekian dulu artikel kuliner kali ini, mohon maaf apabila ada penulisan yang kurang berkenan dihati Anda. Selamat beraktifitas, dan tunggu artikel kuliner selanjutnya ya!
Terima Kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *