Bukit Tranggulasih Windujaya Kedungbanteng

Bukit Tranggulasih

Di masa sekarang ini tiba-tiba banyak bermunculan tempat wisata atau tempat rekreasi di daerah-daerah di Indonesia. Tidak terkecuali di Banyumas, selain muncul beberapa taman rekreasi buatan seperti Andhang Pangrenan, Taman Satria & Balai Kemambang, tempat rekreasi alami pun mulai banyak ditemukan, salah satunya adalah bukit Tranggulasih.

Bukit Tranggulasih

Terletak di Desa Windujaya kecamatan Kedungbanteng Banyumas, tepatnya di RT 03 RW 05, sekitar 15km dari pusat kota. Bukit ini banyak menyita perhatian wisatawan dalam maupun luar kota. Dapat ditempuh dari dua jalur, bisa dari desa Kedungbanteng ke utara lewat gerbang masuk Curug Gomblang, atau bisa juga dari kawasan wisata Curug Bayan (Curug Gede) Baturaden. Hanya dengan membayar tiket masuk parkir senilai Rp. 3000,- saja kita sudah bisa berekreasi sepuasnya ditempat ini.

Eitsss…. sebenarnya ada apa saja sih di bukit Tranggulasih ini? Berikut Banyumasku.com akan me-reviewnya untuk sedulur semua.

Pemandangan dari atas Bukit Tranggulasih

Masih terletak di kaki gunung slamet, di bukit ini udara terasa asri dan sangat sejuk. Dari bukit ini Anda bisa melihat kota Purwokerto dari ketinggian, tidak hanya Purwokerto, bahkan Purbalingga dan Pemalang pun terlihat dari atas bukit ini. Sungguh, pemandangan yang sangat menakjubkan.

Dari lokasi parkir, membutuhkan waktu untuk memanjat ke bagian atas bukit, tetapi tenang saja tidak terlalu jauh hanya sekitar 200m, tergantung lokasi mana yang akan kita singgahi. Ada 4 Bukit utama di kawasan ini yakni bukit Datar, bukit Cinta Suramenggala, bukit Tinggi, dan bukit Tranggulasih itu sendiri.

Tidak tahu pasti dari mana bukit-bukit itu diberi nama demikian, bahkan asal mula penemuan bukit ini sendiri juga masih simpang siur. Kami mendengar dari penduduk sekitar, dulunya di tempat ini banyak offroader atau crosser (para hobi motor cross atau trail) memacu adrenaline mereka dengan menyusuri bukit ini. Memang terbukti  dengan adanya beberapa jejak ban motor cross yang kami temui di kawasan ini.

Entah benar atau tidaknya tidak terlalu penting, karena kawasan ini benar-benar tercipta dari alam yang merupakan tempat umum dan sangat menakjubkan. Jadi menetapkan siapa penemunya pun tidaklah terlalu penting.

Untuk Anda yang mempunyai hobi camping, lokasi ini sangat cocok sekali untuk menjadi destinasi. Tempatnya pun tidak terlalu jauh dari pemukiman warga. Bahkan didalam kawasan ini banyak sekali penjual minuman, gorengan, makanan ringan, mi instan, kopi, dan lain sebagainya. Sangat memudahkan Anda jika memerlukan kebutuhan untuk camping atau bermalam di bukit Tranggulasih ini.

Area Camping Bukit Tranggulasih

Disini Anda bisa menikmati Sunrise dan Sunset dengan pemandangan yang sangat indah. Selain itu pepohonan yang rindang dan udara yang segar sangat cocok untuk berekreasi dan menenangkan diri dari penat. Tempat yang sangat cocok untuk berekreasi akhir pekan untuk semua kalangan. Tidak hanya anak muda, bapak-bapak serta ibu-ibu bahkan anak-anak juga sangat antusias melihat Purwokerto dari atas bukit ini. Seakan tidak mau melewatkan moment begitu saja, para pengunjung pun mengabadikan moment tersebut dengan kamera-nya.

inilah beberapa foto dari lokasi bukit yang sempat kamia abadikan kemarin

Jalan Menuju Bukit Tranggulasih

Jalan Menuju Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih

Area Bukit Tranggulasih

Pemandangan Bukit Tranggulasih

Jalur Bukit Tranggulasih

View dari Bukit Tranggulasih

Bersantai di Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih(nduwur) mesra banget ya…. hahaha

Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasi Windujaya

Bukit Tranggulasih Baturaden

Bukit Tranggulasih Kedung Banteng

Bukit Tranggulasih

Bukit Cendana

Bukit Tranggulasih

Lokasi Parkir Bukit Tranggulasih

Itulah review bukit Tranggulasih dari Banyumasku.com, jika Ada yang kurang silahkan ditambahkan pada kolom komentar ya… he..he..

Dan sebagai pengunjung kita juga harus ikut menjaga dan melestarikan keindahan alam Tranggulasih. Cukup dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak apa yang ada di alam tersebut. Kita sudah ikut melestarikannya.

Salam,
Banyumasku.com

9 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *