Curug Gemawang Desa Kemawi Banyumas Curug Yang Tersembunyi

Curug Gemawang Desa Kemawi Banyumas – Jika kita berbicara tentang Curug pasti pikiran kita tertuju ke Baturaden. Benarkan ??
Iya, memang kawasan wisata Baturaden banyak sekali terdapat tempat-tempat atau spot menarik seperti bukit dan curug. Namun curug yang satu ini terletak sangat jauh dari kawasan wisata Baturaden. Curug Gemawang berada di desa Kemawi Banyumas, sekitar 15 KM dari pusat kota lama Banyumas (alun-alun Banyumas).

Masyarakat sekitar menyebutnya Curug Gemawang yang artinya “Menggema Di Awang-Awang”.

Untuk mencapai lokasi ini, kami sarankan Anda untuk menggunakan kendaraan bermotor roda 2, Karena jalan menuju curug ini sangatlah ekstreme, tanah terjal, berbatu dan berbukit. Walaupun sebenarnya bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4.

Lokasinya yang berada di desa terpencil membuat Curug Gemawang masih terasa keasrianya. Masih sangat jarang sekali wisatawan yang berkunjung ke Curug Gemawang ini.

Kami pun sempat dibuat kebingungan karena lokasinya yang masih sangat asing bagi kami. Bahkan smartphone pun tidak bisa diandalkan di kawasan ini. Akhirnya kami terpaksa menggunakan GPS (gunakan penduduk sekitar, alias bertanya hehe…) untuk mempermudah pencarian lokasi Curug Gemawang yang kami maksud.

Akhirnya, dengan tekat yang kuat kami pun sampai di Curug Gemawang ini. Tentunya dengan bantuan penduduk sekitar, itupun kami bertanya kepada 3 orang penduduk, hehe…

Untuk menuju ke lokasi, kami beri petunjuk dari alun-alun Banyumas. Menuju arah Banjarnegara, kemudian di pasar Sokawera Anda ambil arah Kanan. Ikuti petunjuk pada Plang untuk menuju desa Kemawi, jangan sampai terlewat seperti kami ya, usahakan tetap perhatikan Plang petunjuk jalan.

Apabila Anda sudah sampai ke Puskesmas Kemawi, Anda akan menemukan petunjuk ke arah Curug Gemawang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut :

wisata-curug-gemawang

Penunjuk jalan Curug Gemawang berada sebelum Plang petunjuk desa. Plang petunjuk sangat kecil, dan sedikit tertutup pepohonan. Kami pun sempat terlewat disini.

Biasanya Curug Gemawang ini dikunjungi oleh warga sekitar untuk berekreasi dan sekedar untuk menghilangkan penat.

Bagaimana tidak, suasana di kawasan Curug Gemawang ini sangatlah nyaman. Bunyi gemericik air terjun, angin sepoi-sepoi, teduh dan rindangnya pepohonan membuat pikiran kita terasa sejuk ketika berada di kawasan wisata tersebut.

Ditambah lagi dengan adanya beberapa gasebo atau cungkup yang dibuat khusus untuk tempat beristirahat dan menikmati suasanya Curug Gemawang. Sangat cocok sekali untuk berpiknik bersama keluarga.

Untuk Anda yang senang sekali berekreasi air, kami rekomendasikan Curug Gemawang patut untuk Anda kunjungi. Anda juga di perbolehkan untuk mandi di Curug Gemawang ini. Untuk Anda yang gemar berfoto selfie, disini terdapat beberapa spot menarik untuk berfoto.

Diantaranya ada 7 tingkatan Curug Gemawang, Kedung Pundak, Kedung Tumbu, Kedung Dhandhang, Kedung Wulung, Kedung Wungu, Kedung Nyai Gendur, dan Kedung Jojogan. Dan masih banyak lagi spot menarik lainya.

Untuk saat ini lokasi wisata Curug Gemawang masih dibuka bebas untuk umum. Kami tidak membayar tiket masuk maupun tiket parkir saat berada di Curug Gemawang. Namun kami tidak tahu jika beberapa saat ke depan saat Anda berkunjung ke sini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk atau tiket parkir.

Pasalnya pada saat kami ke Curug Gemawang, tidak ada satu orang pun yang berjaga di pintu masuk ataupun area parkir Curug Gemawang. Namun, menurut informasi yang kami terima, Curug Gemawang ini merupakan wisata yang di berdayakan oleh masyarakat sekitar.

Walaupun di berdayakan oleh masyarakat sekitar, tetapi fasilitas di wisata ini cukup memadai. Dimana jalan akses dari kampung menuju curug yang di permudah, adanya toilet untuk umum, dan tempat –tempat lainya yang dibuat untuk memanjakan para wisatawan. Kebersihan lingkungan pun sangat terjaga.

Berikut beberapa foto kondisi Curug Gemawang yang berhasil kami ambil :

Bagaimana?
Apakah Anda tertarik untuk berekreasi ke Curug Gemawang? Atau hanya sekedar melepas rasa penasaran setelah membaca artikel ini? hehe…

Cukup sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai wisata-wisata yang ada di Banyumas.

Salam,
Banyumasku.com

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *