Kudu Bangga Duwe Bulupitu

Pintu Masuk Terminal Bus Bulupitu Purwokerto
Pintu Masuk Terminal Bus Bulupitu Purwokerto

Terminal, siapa sih yang tidak tau apa itu terminal? Adalah tempat pemberhentian bus dari berbagai kota yang menuju ke kota kita, tidak hanya bus bahkan angkutan umum, taksi, dan ojek pun menjadikan terminal sebagai pusat berkumpulnya transportasi kota.

Terminal bus di Purwokerto sudah ada sejak tahun 1960an, namanya pun bukan terminal tetapi dulu orang menyebutnya dengan istilah “stand plat” atau “koplak bis“.

Pada kala itu terminal bus Purwokerto masih berada di Kebon Dalem dan hanya menjadi pemberhentian antar kabupaten Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga dan Wonosobo saja.

Bus yang beroperasi saat itu antara lain bus mudah, cahaya riau, gunung merah, wasis, taruna jaya, fajar baru. Ditambah oplet-oplet yang mengangkut penumpang tujuan sekitar Purwokerto, dan kala itu tidak ada jurusan per jalur seperti sekarang, oplet jaman dulu sama halnya seperti ojek, tergantung tujuan penumpang.

Kemudian terminal bus dipindah ke Jalan Gerilya Timur yang sekarang menjadi Taman Kota Andhang Pangrenan tepatnya di Kelurahan Karang Klesem, kami tidak tahu pasti kapan tahun dipindahnya terminal ke jalan Gerilya.

Hingga tahun 2006 Terminal Purwokerto kembali di pindah, ke Teluk hingga sekarang ini yang dikenal dengan teriminal Bulupitu.

Dengan alasan, memperlebar jangkauan angkutan Purwokerto hingga menjangkau berbagai daerah tidak hanya antar kabupaten saja melainkan antar provinsi, dengan itu kapasitas angkutan (bus) yang nantinya berhenti di Purwokerto akan semakin banyak, dan terminal harus sesuai dengan kriteria pemberhentian bus antar provinsi. Maka dari itu terminal bus di pindahkan ke lokasi yang sesuai.

Lanjut ke pembahasan selanjutnya mengenai Terminal Bus Bulupitu Purwokerto.

Bulupitu” adalah nama yang diambil dari nama Grumbul lokasi terminal tersebut.

Merupakan terminal tipe A yang terbesar di Jawa Tengah. Dibangun di atas tanah kurang lebih 10 hektar kemudian di resmikan pada  6 April 2006 oleh Gubernur Jawa Tengah, Mardiyanto, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 424.

Tidak hanya sebagai pusat pemberhentian bus antar kota, di terminal bus bulupitu Anda juga bisa berekreasi sambil belajar. “Memangnya ada apa aja si di terminal Bulupitu?”

Wah, kita sebagai warga Banyumas, khususnya di Purwokerto wajib bangga loh punya terminal Bulupitu.

Memiliki konsep bangunan yang modern, luas, nyaman, bersih, dan ada beberapa wahana rekreasi edukasi disana. Pertama memasuki terminal Bulupitu kita sudah bisa menjumpai taman di halaman kantor terminal Bulupitu.

Di taman itu terdapat wahana bermain anak seperti jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, dan lain-lain. Tidak hanya arena bermain anak, di taman itu juga berdapat banyak pamlet poster tentang keselamatan berlau lintas.

Kampanye keselamatan  berlalu lintas sangat terasa sekali disana, selain poster ada juga tempat khusus untuk belajar anak-anak tentang pentingnya berhati-hati saat di jalan raya.

Selanjutnya ada wahana taman payung lampion yang berada di sebelah utara parkir kendaraan umum, pada saat malam hari pengunjung terminal dimanjakan dengan indahnya payung yang menyala diatas kepala, sangat disayangkan apabila moment itu terlewat begitu saja, maka dari itu banyak pemuda-pemudi yang mengabadikanya melalui kamera.

Bukan hanya itu, ada juga media selfie yang seolah-olah kita berada di luar negeri, waaahh…. keren bukan?

Dan jika Anda masuk ke kantor terminal Bulupitu, disana terdapat beberapa wahana photo selfie yang sengaja disediakan oleh pihak terminal untuk menjadi media hiburan yang sedang booming saat ini, yaitu photo selfie.

Berikut beberapa foto yang dapat diabadikan oleh banyumasku.com

Terminal Bus Bulupitu Purwokerto

Terminal Bus Bulupitu Purwokerto

Terminal Bus Bulupitu Purwokerto

Terminal Bus Bulupitu Purwokerto

Terminal Bus Bulupitu Purwokerto

terminal bus bulupitu purwokerto

terminal bus bulupitu purwokerto

terminal bus bulupitu purwokerto

terminal bus bulupitu purwokerto

 

Sangat ocok sekali untuk dijadikan tempat rekreasi akhir pekan bersama keluarga, pepohonan yang rindang dan alunan musik Banyumasan yang diputar di terminal Bulupitu membuat suasanya nyaman sekali untuk bersantai.

Hampir lupa, apabila Anda berkunjung ke terminal Purwokerto, Anda cukup membayar tiket parkir senilai Rp. 1000 (seribu rupiah) saja untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 2000 (dua ribu rupiah) untuk kendaraan roda 4.

Bagaimana? Tertarik untuk main ke terminal Bulupitu Purwokerto?

Sekali lagi, Kita sebagai warga Banyumas wajib bangga punya terminal Bulupitu, maka dari itu ayo kita jaga bersama fasilitas yang disediakan pemerintah Banyumas ini.

Dengan menjaga kebersihan, dan tidak merusak fasilitas umum yang tersedia di terminal bus Bulupitu Purwokerto.

salam,
Banyumasku.com

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *