Menengok Sentra Kembang di Sawangan

Di Ibu Kota Kabupaten Banyumas yaitu Purwokerto, ada suatu tempat dimana disana terdapat beberapa Pedagang/Penjual barang unik. Unik disini berarti karena apa yang mereka jual bukanlah barang Konsumsi maupun bukan bahan Koleksi. Kalau dalam pelajaran SD biasa disebut juga dengan Barang Non Pokok, apakah itu??

Kembang, atau di dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Bunga. Tepatnya didaerah Sawangan Purwokerto dimana banyak Toko berjejeran menjual Oleh-Oleh khas Banyumas seperti Kripik Tempe, Gethuk Goreng, Mino dll yang di bagian Emperan Tokonya ada penjual kembang-kembang ini. Sejarah pasti kapan ada mulainya Penjual Kembang tersebut penulis belum tahu secara pasti, namun berdasarkan pengalaman penulis, mereka telah lama berjualan disini setidaknya saat penulis masih Balita-pun mereka sudah ada. Dan kebanyakan penjualnya adalah Perempuan yang sudah berumur, jadi buat Anda para Bujang, jangan ngimpi ketemu penjual yang masih Gadis ya, (hahaha)
Mereka selalu berjualan dari pagi Hari sampai kira-kira sebelum tengah hari, kebanyakan pembeli biasanya adalah mereka yang akan melakukan ritual Ziarah Kubur/Nyadran. Tak hanya itu dihari-hari pasaran Hari Mistik seperti Malam Selasa kliwon maupun Jum’at Kliwon mereka bahkan terkadang masih membuka lapak daganganya, seperti pengalaman penulis dulu saat masih mempercayai hal-hal seperti itu dimana membeli Kembang untuk sebuah syarat ritual yang akan dijalani (itu dulu).

Harga yang ditawarkan mereka sangat bervariasi, bergantung pesanan juga. Terkadang ada yang membeli Paketan seperti paket Kembang Telon (Kembang 3 Jenis) maupun paket Super seperti Kembang Tujuh Rupa. Pembeli-pun bisa membeli satu jenis kembang saja, harga bisa ditawar kok.

Pedagang Bunga
Pedagang Bunga

Sayangnya dewasa ini menurut pengamatan penulis sepertinya omzet tidak seramai dahulu, mengingat mulai pudarnya budaya Animisme di masyarakat Banyumas belakangan ini. Paling wajib kalau ada acara sakral seperti Siram Manten, yang membutuhkan Kembang, sayangnya tidak setiap hari ada. Jika dahulu mungkin tiap apel pujaan hati masih membawakan Bunga murni, mungkin mereka masih laris manis saat menjelang malam minggu, kini??

Jadi buat Anda yang akan melakukan Ziarah Kubur atau Nyadran, tak perlu pusing lagi mencari berbagai jenis kembang, datang saja ke Sawangan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *