Mengapa Banyumas Dijuluki Kota SATRIA?

MONUMEN SOEBROTO

Banyumas Satria. Ya, itulah julukan untuk kota Banyumas, atau yang lebih kita kenal dengan Kabupaten Banyumas. Tahukah Anda mengapa Banyumas dijuluki sebagai kota Satria?

Kata “Satria” merupakan kata dasar dari kata “Kesatria” yang berarti Pahlawan. Dimana sering kita jumpai kata Kesatria tersebut digunakan sebagai tokoh pahlawan dalam suatu pertunjukkan ketoprak, wayang, cerita-cerita rakyat atau film-film yang bertemakan kepahlawanan. Tentunya tidak berbeda jauh makna yang dimaksud dalam kesatria tersebut dengan makna yang ada pada julukan Kota Banyumas.

Banyumas memang memiliki banyak sekali kesatria-kesatria pada jamannya, Pada jaman berdirinya Banyumas seperti Adi Pati Wirasaba, Joko Kaiman, dan lain sebagainya. Kemudian dijaman penjajahan juga terkenal beberapa kesatria atau pahlawan dari Banyumas seperti Jenderal Soedirman, Gatot Subroto, Sony Harsoeno, Hasir Hadi Broto, Soparjo Roestam, Soerono, dan lain-lain. Memang banyak pahlawan Nasional dari Banyumas yang tidak tercantum namanya dalam buku sejarah pahlawan Nasional, maka dari itu diatas kami tulis “dan lain-lain”.

Karena dikenal dengan pahlawan-pahlawannya, Banyumas juga memberi nama beberapa lokasi dengan nama yang bertemakan pahlawan. Nama jalan misalnya, seperti jalan Pahlawan, jalan Gerilya, jalan Jenderal Soedirman, jalan Veteran dan masih banyak lagi nama jalan yang menggunakan istilah kepahlawanan. Banyumas juga memiliki makam Pahlawan yang terkenal, terletak di Jalan Pahlawan, yaitu Makam Pahlawan Tanjung Nirwana yang merupakan Taman Makam Pahlawan terbesar ke 2 di Indonesia Setelah Makam Pahlawan di Semarang.

Selain itu di Banyumas juga terdapat beberapa peninggalan-peninggalan dari pahlawan-pahlawan di jaman penjajahan dulu. Peninggalan-peninggalan tersebut dapat Anda jumpai dibeberapa museum-museum di Banyumas.

Julukan Kota Satria memang pantas didapatkan oleh Kabupaten Banyumas. Seperti yang tertulis pada artikel diatas, Banyumas banyak sekali melahirkan pahlawan-pahlawan Nasional. Tidak hanya pahlawan Nasional, diera yang sekarang ini, banyak pula pejabat pemerintah pusat yang berasal dari Banyumas. Maka dari itulah Banyumas diberinama Kota Satria.

Kata Satria juga memliki penjabaran, oleh masyarakat Banyumas, kata Satria dijabarkan seperti berikut:
S = Sejahtera
A = Adil
T = Tertib
R = Rapi
I = Indah
A = Aman

Untuk pengetahuan bagi Anda, yang benar Banyumas Satria, atau Purwokerto Satria ??
Yang benar adalah Banyumas SATRIA, mengapa ??
Pada dasarnya julukkan Satria diperuntukan Kabupaten Banyumas. Tetapi setelah pendopo Banyumas dipindah ke Purwokerto, masyarakat salah presepsi dan mengira nama Kabupaten Banyumas juga diubah menjadi Kabupaten Purwokerto. Itu salah besar, Sebutan Purwokerto Kota Satria pernah santer terdengar pada saat pendopo Kabupaten Banyumas dipindah ke Purwokerto.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga Purwokerto disebut sebagai kota Satria, karena kabupaten Banyumas ada di Purwokerto. Tetapi julukan Satria sejatinya milik Kabupaten Banyumas.

Salam,
Banyumasku.com

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *