Pratistha Harsa Pasar Kuliner Banyumas

Pasar Kuliner PRATISTHA HARSA Tampak Depan

Pratistha Harsa adalah pusat kuliner di Banyumas. Bisa juga dibilang pasar kuliner Banyumas, semua jenis makanan, jajanan dan minuman tradisional ada di Pratistha Harsa.

Tidak terkecuali jajanan-jajanan inovasi baru juga bisa kita jumpai dengan mudah disana. Sangat cocok sekali untuk Anda yang suka wisata kuliner.

Pratistha Harsa terletak di sebelah barat alun-alun Purwokerto, kurang lebih 100 meter dari alun-alun. Awalnya Pratistha Harsa didirikan untuk membackup atau mengganti sementara tempat penjual-penjual makanan yang ada dialun-alun Purwokerto, karena ada renovasi jangka panjang alun-alun pada tahun 2009 silam.

Namun karena adanya pemerintahan baru, alun-alun sedikit dialih fungsikan oleh bupati Banyumas dan tidak boleh ada pedagang dikawasan alun-alun, Pratistha Harsa diresmikan menjadi pasar kuliner di Banyumas hingga sekarang ini.

Tidak hanya pedagang disekitar alun-alun yang dialihkan ke Pratistha Harsa, pedagang makanan kaki lima juga banyak yang dipindah ke pasar kuliner tersebut. Hal ini dilakukan untuk membuat kota Purwokerto tertata rapi dan lebih terjaga kebersihannya, kata bupati Banyumas waktu itu Drs. Mardjoko.

Memang semenjak diresmikannya Pratistha Harsa menjadi pusat kuliner di Banyumas, kota Purwokero menjadi semakin rapi juga bersih dan masyarakat Banyumas tidak perlu susah-susah mencari penjual jajanan dipinggiran jalan, masyarakat Banyumas tentu lebih terarah dalam hal mencari jajanan atau kuliner.

Memangnya jajanan apa saja sih yang ada di Pratistha Harsa ??

Hampir semua makanan khas Banyumas dapat Anda jumpai disana, tidak hanya makanan khas Banyumas saja, makanan khas dari daerah lain juga ada, seperti Es Dawet Banjarnegara, Ampyang Purbalingga, Klanting Kebumen, Gudeng Jogja dan masih banyak lagi.

Jajanan tradisional kue lapis, ciwel, dadar gulung, arem-arem, bubur kacang ijo dan lain-lain. Selain makanan tradisional, juga ada makanan mauapun minuman inovasi baru seperti jajanan kue, gorengan, bubur ayam, ayam goreng, Mie Ayam, Bakso, Es Campur, Es Jus dan masih banyak lagi tentunya.

Pasar Kuliner Tampak Samping

Pada awal Pemerintahan Bupati yang baru (2015), Bapak Bupati Husein menambah fungsi dari Pratistha Harsa menjadi pusat oleh-oleh Banyumas.

Jadi selain bisa menikmati aneka kuliner, di Pratistha Harsa Anda juga bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Apagai bagi Anda yang dari luar kota, tempat ini pasti sangat membatu Anda untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga Anda.

Pusat oleh-oleh yang diresmikan oleh Bupati Husein

Itulah sedikit ulasan tentang apa itu Pratistha Harsa, bagi Anda yang kesulitan mencari jajanan, tidak usah bingung lagi langsung saja meluncur ke Pratistha Harsa Banyumas, pusat jajanane wong Banyumas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *