Taman Angkasa Banyumas

Pertama kali mendengar nama Taman Angkasa Banyumas ini dari Seorang Sekretariat Wisata desa Binangun, yang bernama Bapak Bambang Edi Sunarto, Beliau memberi tahu kepada kami akan adanya lokasi tempat dimana Kita bisa melihat wilayah Kabupaten Banyumas serasa dari angkasa.

Tidak hanya daerah Banyumas saja, daerah kabupaten tetangga-pun bisa terlihat dari sini seperti Purbalingga, Banjarnegara dan juga Cilacap.

Wisata Binangun

Yang menarik, tidak hanya di Website saja kami dikabari, di fanspage Banyumasku juga ada teman kami yang sudah pernah kesana dan membagikan foto-nya saat disana.

Atas dasar itulah rasa penasaran kami untuk mengunjungi.  Setelah tahu arah jalan menuju Taman Angkasa Banyumas ini kami langsung berangkat pada jam 4 sore hari dari kota Purwokerto, melalui jalur pasar Patikraja ke selatan sampai bertemu dengan Tugu Gunungan Wayang belok ke arah kiri jalur Papringan Banyumas terus sampai nanti ketemu Pasinggangan dan sudah terlihat adanya beberapa Tower-tower pemancar televisi, disitulah lokasi desa binangun berada.

Atau kalau dari arah SMK 3 Banyumas/ Alun-Alun Banyumas, ke arah barat saja mentok ketemu pertigaan arah Binangun, lha itu arahnya

Sengaja kami berangkat sore hari untuk melihat kelap-kelipnya temaram lampu perkotaan di karesidenan banyumas.

Desa Wisata OGOP Binangun
Gapura Selamat Datang Kampung Mandiri OGOP

Sampai dilokasi, nanti akan ada Gapura Selamat Datang, dari situ sudah dekat, tinggal ikuti saja akan ketemu Gapura lagi bertuliskan Taman Angkasa Banyumas.

Taman Angkasa Banyumas

Nah disini dikenai biaya retribusi 5ribu rupiah, namun saat kami datang pada saat itu hanya ditarik 3ribu saja kemungkinan karena sudah sore hari.

Di Pintu masuk, anda bisa memilih untuk memarkirkan kendaraan anda di dekat Loket, ataupun ikut dibawa naik sampai ke pos dua diatas.

Saran jika nekat dibawa keatas, sebaiknya anda sudah benar-benar bisa mengendalikan kendaraan anda, mengingat jalur menuju pos dua cukup ekstrim.

Jalur Taman Angkasa Banyumas

Antara Nekat dan Penasaran, harusnya kami bawa MotoTrail untuk menjelajah tempat ini

Jalur Wisata Taman Angkasa Binangun

Anda hanya akan bisa membawa kendaraan roda dua sampai di pos dua saja, selanjutnya kemungkinan anda akan lebih memilih berjalan kaki, sebab jalur berikutnya bukanlah jalan rata namun berundak, lebih cocok jika bawa mototrail.

Ada beberapa titik lokasi disini, setidaknya anda bisa memilih ingin melihat pemandangan mana, seperti pemandangan view Gunung Slamet disebelah Utara, Pemandangan Perkotaan Purbalingga dan Banjarnegara disebelah Timur dan juga pemandangan Cilacap dengan Lautnya disebelah Selatan.

Taman Angkasa Banyumas

Seperti tempat wisata lainnya, selalu ada norma wisata yang perlu dipatuhi, seperti contoh jangan membuang sampah sembarangan disini. Buanglah sampah pada tempat yang sudah tersedia di beberapa titik ini.

Taman Angkasa Binangun Banyumas

Itu contoh pemandangan dengan latar belakang sungai serayu dan gunung slamet, sayangnya saat sore hari itu pemandangan gunung tertutupi kabut awan, jadi tidak terlihat jelas, dan juga Kamera yang dibawa hanya Kamera Digital beresolusi 12MP.

Saran saya jika Anda akan kesini, bawalah kamera sekelas minimal 20MP, kalau hanya mengandalkan kamera bawaan smartphone-mu itu hanya bisa buat siang hari, dimalam hari, pemandangan lampu kelap-kelip karesidenan Banyumas gak bakal ter-Capture dengan jelas.

Senja di Banyumas

Beneran deh, pemandangan dimalam hari terlihat lebih indah, jika ada yang mengatakan Bukit Tranggulasih itu Purwokerto Lantai Dua, maka Bukit Binangun ini bisa disebut Banyumas Lantai Sepuluh, hahaha.

Oh oya, jika ingin camping juga bisa lho, tinggal bawa tenda sendiri aja dan hubungi pihak sekretariat untuk kejelasannya.

Karena waktu sudah memasuki malam, terpaksa kami turun dan selesaikan kegiatan blusukan ini, semoga dikesempatan mendatang akan ada waktu lagi mengunjungi tempat ini.

Gapura Selamat Datang Taman Angkasa Banyumas

Foto Gapura yang baru sempat diambil saat kami turun, dan juga foto saat berehat sebentar di Gazebo depan Gapura. Disini pada malam hari ditampilkan kesenian Calung (begitu kata seseorang saat beliau menyalakan lampu gazebo, yang ternyata beliau inilah Bapak Bambang sekretariat Taman Angkasa Banyumas, terlihat mirip dengan foto profil di FB-nya)

Desa Binangun

Yang penasaran, langsung saja menuju kesini. Atau lihat saja foto  perjalanan kami saat menuju kelokasi ini disini > Fanspage Banyumasku

Dan juga sedikit video amatir kami disini >

sumpah, asli, bikin napas jadi meok, hahaha.

Update, kini katanya sudah ditambahin fasilitas panggung buatan. Ya biar pemandangan untuk lihat kamu jadi makin jelas darisini. Untuk foto terbarunya kami baru ambil dari salah satu likers fanspage

taman angkasa banyumas                       photo by Adi Sucipto

buat kamu yang  punya foto terbaru darisana, boleh-lah kirim pada kami di fanspage Banyumasku ya, nanti kami upload disini

Nb: Ucapan terima kasih kepada Sekretariat Taman Angkasa Banyumas atas informasinya. Buat yang masih juga penasaran, bisa kok tanya-tanya dulu pada sekretariat Bapak Bambang Edi dengan nomer 081327697070