Tampilan Baru Alun-Alun Purwokerto

Tepat pada malam Tahun Baru 2015 Alun-Alun Purwokerto Resmi dibuka kembali, setelah ada kegiatan renovasi di alun-alun tersebut yang memakan waktu kurang lebih selama 5 (lima) bulan.

Selain menjadi pusat kota, bagi masyarakat Purwokerto alun-alun sudah menjadi icon tersendiri bagi kota Purwokerto, dan walaupun sudah ada beberapa tempat rekreasi lainnya alun-alun masih menjadi tempat rekreasi utama masyarakat Purwokerto.

Alun-Alun Tempo Dulu
Alun-Alun Tempo Dulu

Dari awal adanya latar kabupaten, alun-alun Purwokerto sudah mengalami beberapa kali perubahan. Perubahan Pertama saat perpindahan Kantor Kabupaten Banyumas, alun-alun yang dulunya memang sudah menjadi pusat kota diubah menjadi sebuah halaman Kabupaten.

Pada Tahun 2009 Bupati Banyumas saat itu Drs. Mardjoko dengan berani mengubah tampilan alun-alun Purwokerto menjadi tampilan taman yang lebih modern, dan sedikit dialih fungsikan sebagai tempat diadakannya acara kenegaraan seperti upacara dan tempat pergelaran budaya Banyumas.

Tatanan Alun-Alun Purwokerto Sebelum diubah Oleh Bupati Mardjoko
Tatanan Alun-Alun Purwokerto Sebelum diubah Oleh Bupati Mardjoko

Alun-Alun Purwokerto Setelah direnovasi oleh Bupati Mardjoko
Alun-Alun Purwokerto Setelah direnovasi oleh Bupati Mardjoko yang menuai banyak kontroversi

Pada awalnya perubahan tatanan alun-alun yang dilakukan oleh Bupati  Mardjoko menuai banyak kontroversi, tidak sedikit masyarakat yang kurang setuju dengan hal itu.

Namun Bupati Mardjoko dengan berani, beliau merubah tatanan alun-alun Purwokerto hingga mengalami perubahan sebesar 80% (delapan puluh persen). Perubahan ini berpengaruh terhadap tampilan tatanan alun-alun yang baru ini.

Dan, perubahan terakhir dilakukan diakhir Tahun 2014 oleh Bupati Husein, dengan menerapkan konsep Modern Cityzen Park yang sudah diterapkan dibeberapa negara Seperti Australia, Singapure, Thailand, New Zealand dan beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Malang, Semarang, Bali, Lombok, dll.

Tujuan utama diubahnya tampilan alun-alun ini adalah membuat kota Purwokerto menjadi semakin rapi dan tertata, serta memanjakan mata pengunjung yang sedang berekreasi maupun bersantai.

Berikut Preview alun-alun Purwokerto Terbaru.

Alun Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto 2015

Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto

Pancuran Alun-Alun Purwokerto

Pancuran Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto

Pinggir Alun-Alun Purwokerto

Taman Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto saat malam

Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto

Air Mancur Alun-Alun Purwokerto Saat Malam Hari

Air Mancur Alun-Alun Purwokerto

 Semoga dengan tatanan yang baru ini, kota Purwokerto menjadi semakin teratata dan semakin rapi. Kita juga harus ikut menjaga agar alun-alun Purwokerto semakin indah dan terus lestari sehingga kita sebagai masyarakat Purwokerto ikut berbangga dengan apa yang ada di Banyumas kita.

Banyumasku-Banyumasmu, Salam.

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *