Mendoan Banyumas

Mendoan adalah salah satu makanan khas Banyumas yang berbahan dasar tempe. Mendoan berasal dari bahasa Banyumasan yaitu¬†mendo yang berarti setengah matang. Makanan ini sagat populer di Kabupaten Banyumas ini, bahkan sudah banyak di kenal di beberapa kota di Indonesia. Mendoan hingga saat ini sudah sangat banyak penikmatnya karena rasanya yang enak dan tentunya harganya pas untuk kalangan menengah ke bawah. Biasanya makanan ini di sajikan saat kumpul-kumpul dengan keluarga maupun orang lain. Aktifitas ini dikenal dengan sebutan “Medang”. Medang biasanya menghidangkan makanan-makanan khas Banyumas lainya, yang salah satunya adalah Mendoan ini, untuk minumnya biasanya adalah teh hangat dan kopi hangat.

Tempe Mendoan Sedang di Goreng

Di Kabupaten Banyumas ini banyak sekali Penjual gorengan satu ini, umumnya mulai ditemui sore hingga malam hari. Harga yang ditawarkan beragam mengingat perbedaan ukurannya, biasanya berkisar antara 1000 dapat 1 mendoan sampai 2000 dapat 3 mendoan. Jika ingin lebih unik lagi anda bisa mengunjungi daerah Gombong yang masuk Kabupaten Kebumen namun juga masih dalam satu area Karesidenan Banyumas, disana Anda akan menemukan betapa besarnya ukuran Mendoan Gombong dibandingkan Mendoan Banyumas Asli. Ukurannya hampir 4 kali lipat dari ukuran umum yang ditemui di Banyumas ini, untuk Rasa tak jauh beda hanya ya itu tadi Ukurannya.

Tempe-mendoan

Mendoan memang makanan khas asli Banyumas. Tapi saat ini sudah beredar makanan ini di sebagian kota di Indonesia, namun tentunya rasanya berbeda dengan mendoan asli Banyumas. Di Banyumas untuk menemukan makanan ini tidaklah sulit, anda tinggal cari saja “Bakul Mendoan” (Penjual Mendoan) di pinggiran jalan, biasanya terdapat di warung nasi rames. Atau jika sudah memasuki waktu sore sampai malam hari di beberapa Angkringan-pun pasti menyediakan menu yang satu ini.

Jika anda ingin membuat mendoan sendiri silakan cari resepnya di internet,¬†Anda akan menemukan banyak “Tips Cara Membuat Mendoan”.

Hanya sekian review dari saya tentang mendoan ini. Sebenarnya masih banyak yang menarik dari makanan khas Banyumas ini dan akan saya tulis di Artikel mendatang.

(Hafiz Fauzi)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *